Prof dr. M.J. (Martinus Jan) Langeveld (1.905-1.989)
Martinus J. Langeveld memperoleh gelar doktor dengan disertasi berjudul
Taal en Denken di 12 tot 14 Jarige Leerlingen (Bahasa dan Berpikir siswa
dalam usia 12 sampai 14 tahun) pada tahun 1934. Pada tahun 1939, ia
menjabat sebagai Ketua Pedagogi di Universitas Utrecht. Sampai Perang
Dunia II, pedagogi sebagian besar dihubungkan dengan persiapan guru dan
pada tahun 1946, pedagogi menjadi disiplin independen di Universitas
Utrecht.
Salah satu teks Langeveld yang paling berpengaruh adalah Beknopte
Theoretische Pedagogiek (Pedagogi Teoritis Concise), di mana ia
megembangkan suatu pedagogi fenomenologis. Karya ini diterbitkan dalam
edisi 15 antara tahun 1946 dan 1979.
Langeveld menganalisis fenomena membesarkan anak dan pengalaman
pendidikan dengan memperhatikan dekat dengan situasi konkret dan umum
dan peristiwa dalam kehidupan anak-anak dan orang dewasa. Hal ini
menyebabkan hasil yang luar biasa. Misalnya, dia menolak bahwa otoritas
pedagogis harus berkaitan dengan teori umum otoritas. Otoritas bukan
hanya soal pilihan moral, melainkan otoritas diperlukan karena anak-anak
membutuhkan pedagogi untuk keberadaan mereka dan agar dapat tumbuh.
No comments:
Post a Comment