Pages

Thursday, February 26, 2015

Pahlawan Pendidikan Dunia #10

Prof dr. M.J. (Martinus Jan) Langeveld (1.905-1.989)

Martinus J. Langeveld memperoleh gelar doktor dengan disertasi berjudul Taal en Denken di 12 tot 14 Jarige Leerlingen (Bahasa dan Berpikir siswa dalam usia 12 sampai 14 tahun) pada tahun  1934. Pada tahun 1939, ia menjabat sebagai Ketua Pedagogi di Universitas Utrecht. Sampai Perang Dunia II, pedagogi sebagian besar dihubungkan dengan persiapan guru dan pada tahun 1946, pedagogi menjadi disiplin independen di Universitas Utrecht. 
Salah satu teks Langeveld yang paling berpengaruh adalah Beknopte Theoretische Pedagogiek (Pedagogi Teoritis Concise), di mana ia megembangkan suatu pedagogi fenomenologis. Karya ini diterbitkan dalam edisi 15 antara tahun 1946 dan 1979. 
Langeveld menganalisis fenomena membesarkan anak dan pengalaman pendidikan dengan memperhatikan dekat dengan situasi konkret dan umum dan peristiwa dalam kehidupan anak-anak dan orang dewasa. Hal ini menyebabkan hasil yang luar biasa. Misalnya, dia menolak bahwa otoritas pedagogis harus berkaitan dengan teori umum otoritas. Otoritas bukan hanya soal pilihan moral, melainkan otoritas diperlukan karena anak-anak membutuhkan pedagogi untuk keberadaan mereka dan agar dapat tumbuh.

No comments:

Post a Comment